Akhir 2015 Hampir Separuh Warga Dunia Terhubung Internet

TRIBUNNEWS.COM.JAKARTA- Hampir separuh penduduk dunia akan menggunakan internet pada akhir tahun ini, menurut sebuah laporan.
Lembaga Telekomunikasi Internasional, ITU, memperkirakan sekitar 3,2 miliar penduduk akan terhubung dengan internet dan sekitar 2 miliar di antaranya tinggal di negara-negara berkembang.
Dari jumlah itu hanya sekitar 89 juta berada di Somalia dan Nepal, negara-negara yang oleh PBB digolongkan sebagai negara ‘kurang berkembang’ dengan jumlah penduduk total sebanyak 940 juta jiwa.
Penduduk bumi saat ini sekitar 7,2 miliar.
ITU menambahkan terdapat lebih dari 7 miliar langganan internet melalui perangkat bergerak, seperti komputer tablet dan telepon pintar.
Laporan itu juga menyebutkan 78 dari 100 orang di Amerika Serikat menggunakan sambungan cepat broadband atau pita lebar dan 69% pelanggan di dunia memakai sambungan 3G. Tetapi hanya 29% wilayah pedesaan yang terlayani.
Kawasan Afrika berada di belakang dalam hal sambungan 3G dengan hanya mencakup 17%.
Pada akhir tahun ini juga, 80% rumah tangga di negara maju dan 34% di negara berkembang akan memiliki akses terhadap internet.
Penelitian memusatkan perhatian pada pertumbuhan sektor teknologi informasi dan komunikasi (ICT) selama 15 tahun terakhir.
Sebagai perbandingan, pada tahun 2000 lalu terdapat 400 juta pengguna internet di seluruh dunia.(BBC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *