Robot Cheetah Miliki Kemampuan Loncat hingga 18 Inci

CAMBRIDGE – Beberapa tahun lalu, beberapa orang di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan sebuah robot yang meniru hewan cheetah. Selama bertahun-tahun robot itu dikembangkan, dan baru tahun lalu MIT mengembangkan baterai untuk menjaga kecepatannya.

Seperti dilaporkan Ubergizmo, Sabtu (30/5/2015), tak sampai di situ, MIT tampaknya terus mengembangkan robot cheetah milik mereka. Terbukti kini robot cheetah ini dapat melompat hingga ketinggian 18 inci, setelah sebelumnya hanya berhasil melompat 40 cm.

Jika dikonversi, artinya robot cheetah saat ini memiliki kemampuan melompat lebih dari 45 cm dari sebelumnya. Tak hanya dapat melompat tinggi, robot cheetah juga dapat melakukannya dengan tetap menjaga kecepatan sekira 5 mph.

Robot cheetah itu turut dilatih mempelajari segala hambatan yang ditempatkan. Sehingga saat mendekati hambatan, robot cheetah dapat menyesuaikan diri dan melakukan lompatan dengan baik, mendarat dengan aman, dan melakukan semuanya tanpa mengurangi kecepatan.

Perbaikan tampaknya tak hanya terjadi dari segi kemampuan meloncat, tapi juga tim menambahkan sistem LIDAR menggunakan laser yang memungkinkan robot memetakan medan. Dengan sistem itu, memberikan robot kemampuan melihat dan mencocokkan rintangan.

(amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *