Samsung Kembali Geser Apple & Raih Peringkat Pertama

SEOUL – Setelah tersingkirkan oleh Apple pada kuartal ke-IV 2014, produsen ponsel asal Korea Selatan Samsung kini kembali meraih pasar yang cukup baik dan kembali tercatat duduk pada posisi pertama sebagai produsen yang memiliki pangsa pasar terbesar di kuartal-I 2015.

Dalam laporan yang dilansir badan lembaga riset pasar Gartner, seperti dilansir dari Phone Arena, Jumat (29/5/2015), Samsung mampu menjual smartphone dengan total mencapai 81,1 juta unit pada kuartal-I 2015, dan tercatat memiliki market share mencapai 24,2 persen.

Namun sayang, meski mampu menggeser kedudukan Apple pada kuartal pertama, market share Samsung tercatat mengalami penurunan dibanding pada kuartal-IV 2014 yang mencapai 30,4 persen dengan penjualan yang mencapai 85,5 juta unit.

Di sisi lain produsen asal Amerika, Apple, mampu menyusul Xiaomi yang cukup dikenal saat ini dan mampu meningkatkan market share mencapai 17,9 persen. Meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 15,3 persen di kuartal-IV 2014.

Sedangkan untuk di posisi ketiga diisi oleh Lenovo yang tercatat mampu menjual sebanyak 18,8 juta unit, dengan market share sebesar 5,6 persen. Di posisi keempat terdapat Huawei yang hanya mampu menjal sebanyak 18,1 juta unit, selisih sedikit dengan pesaingnya Lenovo.

Pada posisi terakhir yang masih masuk dalam lima besar lainnya adalah produsen LG, produsen ini mampu menjual sebanyak 15,4 juta unit. Tercatat perusahaan memiliki pangsa pasar yang hanya mencapai 42,4 persen, namun meningkat dibanding kuartal-IV 2014 yang hanya sekira 39,7 persen.

 

(kem)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *