Tips Ingin Terkenal di YouTube? Ikuti Tips Ini


Liputan6.com, Jakarta – Menjadi populer tidak hanya bisa terjadi di dunia offline, tapi juga online. Salah satu layanan online yang banyak melahirkan orang-orang terkenal adalah YouTube.

Untuk bisa terkenal di YouTube, kuncinya adalah mengekspresikan keunikan pribadi dan menghargai para subscriber. Namun untuk bisa terkenal, bukan perkara mudah.

Nah bagi yang ingin terkenal di YouTube, tim Tekno Liputan6.com telah merangkum sejumlah tips yang bisa diikuti. Berikut tips yang bisa membantu Anda memahami bagaimana membuat channel populer dan menghibur para subscriber, seperti dikutip dari Wikihow, Sabtu (30/5/2015).

1. Membuat Video Menarik
Membuat video sesuai dengan berita atau tren yang sedang heboh di masyarakat dan banyak dicari di dunia maya, menjadi salah satu cara penting untuk terkenal di YouTube. Anda juga bisa membuat tema video yang digemari, seperti video komedi dan tips.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba bertemu orang-orang terkenal atau menghubungi mereka untuk membuat video kolaborasi. Cara ini dinilai cukup efektif, karena dengan begitu popularitas Anda ikut terdongkrak dan menjadi lebih menonjol dalam komunitas YouTube.

Jika Anda secara konsisten menghasilkan video menarik dengan konten-konten asli dan relevan dengan kehidupan para penonton, maka Anda dengan cepat bisa diakui.

Jangan menyerah jika Anda tidak terkenal setelah beberapa bulan, bahkan satu atau dua tahun. Terus semangat dan berpartisipasi dalam komunitas online.

2. Terhubung dengan viewer atau penonton

Banyaknya viewer atau penonton adalah ukuran sukses sebuah video. Karena itu, terhubung dengan penonton adalah hal yang penting.

Buatlah nama channel yang menarik dan deskripsi singkat, agar para pengguna YouTube mendapatkan gambaran tentang konten yang Anda buat. Setelah itu, gunakan kata kunci yang tepat untuk setiap video yang dipublikasikan. Sebaiknya hindari menggunakan kata kunci yang sama dengan video lain di YouTube.

Untuk bisa mendapatkan banyak penonton, salah satu caranya adalah mempromosikan video. Bagikan video Anda melalui jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Jangan pernah mengirim link video Anda kepada orang yang tidak Anda kenal atau mem-posting link video di ranah pribadi pengguna jejaring sosial seperti wall atau kolom komentar akun mereka.

Anda juga harus merespon komentar yang diberikan oleh penonton Anda. Ini adalah cara baik untuk mulai membangun hubungan baru dengan subscriber. Bersikap ramah, maka Anda bisa menarik lebih banyak orang.

YouTube adalah sebuah komunitas dan jika ingin populer maka Anda harus berpartisipasi. Berinteraksi dengan sesama pengguna tidak ada ruginya. Misalnya, Anda bisa menonton video pengguna lain dan memberikan komentar.

Agar viewer tetap datang, jangan terlalu lama absen mem-posting video. Buatlah jadwal yang tetap, misalnya, membuat video baru setidaknya satu kali sepekan.
 


3. Jadilah kreator konten yang baik

Viewer biasanya akan bisa tahu setidaknya kurang dari 10 detik ketika melihat Anda di video, seperti apakah Anda lucu atau bersemangat.

Anda mungkin akan grogi dalam video pertama dan itu normal. Untuk membantu, pikirkan bahwa kamera adalah teman atau orang-orang terdekat Anda, hal ini bisa sedikit mengurangi grogi. Sangat disarankan untuk tidak mencontek gaya orang lain, karena itu tunjukkanlah ciri khas Anda.

Selain itu, Anda juga harus berani menatap kamera video. Sehingga benar-benar terlihat sedang melakukan kontak mata secara langsung dengan para viewer dan video menjadi lebih menarik dan ‘hidup’.

Lebih lanjut, kualitas video yang di-posting memang tidak harus sempurna. Namun tentunya penonton akan merasa terganggu, misalnya, jika kualitas suara dan cahaya buruk. Saat ini beberapa ponsel telah memiliki berbagai fitur video, yang setidaknya bisa membantu meningkatkan kualitas video Anda.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mengedit video sebelum di-posting. Anda bisa menggunakan software pengeditan video seperti Movie Maker. Sebisa mungkin buat video berdurasi 4-5 menit, agar penonton tidak bosan melihat video Anda, kecuali isi video itu benar-benar menarik.

Setelah video siap di-posting, jangan lupa berikan judul dan deskripsi yang sesuai.

(din/dew)

 

One thought on “Tips Ingin Terkenal di YouTube? Ikuti Tips Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *