Fakta mengejutkan bila menatap mata seseorang selama 10 menit

Merdeka.com – Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat indah. Banyak orang yang memiliki mata indah dan memesona sehingga bisa membuat lawan jenisnya tertarik. Mata memang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Namun, ada fakta lain selain keindahan mata manusia.
Psikolog menemukan bahwa menatap mata seseorang selama 10 menit, dapat menyebabkan Anda berhalusinasi. Dalam sebuah eksperimen, orang mengaku telah mengalami kondisi kesadarang yang berbeda dari biasanya, termasuk melihat wajah aneh, bahkan berbentuk monster.
Giovanni Caputo dari University of Urbino melakukan percobaan di ruangan dengan meminta 20 relawan untuk saling berhadapan dan menatap mata antar satu orang dengan orang lainnya.
Setelah dilakukan percobaan 10 menit, para relawan diminta untuk mengisi kuisioner tentang pengalaman mereka selama percobaan tersebut. Hasilnya, para relawan tersebut merasakan perbedaan. Sebanyak 90 persen dari relawan tersebut mengatakan, mereka melihat wajah yang cacat. Bahkan, tiga perempatnya mengatakan, mereka melihat monster.
Ada juga yang mengatakan melihat beberapa fitur wajah mereka sendiri di wajah pasangannya tadi. Sedangkan 15 persen mengatakan mereka melihat wajah kerabatnya.
Hasil ini menunjukkan bahwa gejala disosiatif dan fenomena halusinasi selama mata saling menatap dapat melibatkan proses yang berbeda,” ujar Dr Caputo pada the journal Psychiatry Research.
Dr Caputo percaya ada sesuatu ketika sedang menatap mata orang lain dan memiliki efek mendalam pada persepsi dan mental. Dia menulis bahwa wajah aneh yang muncul pada percobaan tersebut digambarkan sebagai disosiatif yang disebabkan oleh kekurangan sensorik.
Hal itu juga didukung oleh penelitian sebelumnya yang melibatkan 50 relawan yang menatap diri sendiri di cermin selama 10 menit. Percobaan itu membuat para relawan melihat wajah dengan ilusi yang aneh hanya setelah 1 menit mereka melihat dirinya sendiri.
Sumber: Daily Mail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *