BLACK OILS


       Black oil terdiri dari variasi rantai hidrokarbon termasuk molekul-molekul yang besar, berat dan tidak mudah menguap (nonvolatile). Diagram fasa-nya mencakup rentang temperature yang luas. Diagram fasa dari black oil secara umum ditujukkan oleh gambar di bawah. Garis pada envelope fasa mewakili volume fluidayang konstan, di ukur sebagai persentase volume total. Garis ini disebut iso-vol atau garis kulaitas. Jika dilihat jarak antara garis hamper sama. Garis 1-2-3 menandakan penurunan tekanan pada temperature konstan yang terjadi di reservoir selam produksi.tekaknan dan temperature separator juga di tandai dalam diagram. Ketika tekanan reservoir berada pada garis 1-2, miyak dikatakan dalam keadaan tak jenuh (undersaturated) karena minyak dapat melarutkan banyak gas pada kondisi ini. Juka tekanan reservoir berada pada titik 2 maka minyak berada pada bubble point dan dikatakan dalam keadaan jenuh (saturated). Minyak mengandung gas sebanyak mungkin yang dapat dikandungnya. Penurunan tekanan mengakibatkan gas yang terkandung tersebut akan terbebas dan membentuk fasa gas. Saat tekanan reservoir menurun mengikuti gari 2-3, gas tambahan mengebang di dalam reservoir. Sebenarnya minyak dalam keadaan jenuh di sepanjang garis 2- 3. Titik gelembung merupakan kasus istimewa dari saturasi dimana muncul gelembung gas untuk pertama kali.
Berikut diagram fasa dari black oil :
Nama dari black oil didapat dari misnomer karena kebanyakan dari fluida jenis ini bewarna hitam, tetapi warnanya tidak selalu hitam. Tipe ini sering juga disebut sebagai low shringkage crude oil atau ordinary oil. Identifikasi di lapangan dari ordinary oil adalah black oil mempunyai . Initial producing gas-oil ratio sekitar 2000scf/STB atau kurang dari nilai tersebut. Pada saat dilakukan produksi maka nilai dari. producing gas- oil ratio akan meningkat karena tekanan dari reservoir akan jatuh dibawah bubble point preasure dari minyak.
Minyak di stock tank akan mempunyai specific gravity dibawah 45 API. Stock tank oil gravity akan menurun seiring waktu sampai umur reservoir. Stock tank oil bewarna gelap yang mengindikasikan banyaknya kandungan hidrokarbon, warnanya kadang gelap tapi ada juga yang bewarna coklat atau greenish cast. Analisis laboratorium akan mengindikasikan intial oil formation volume factor 2 res bbl/STB atau kurang. Formasi volume factor dari minyak (intial oil formation volume factor) merupakan jumlah fluida reservoir yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu stock tank barrel. Hasil pengujian di laboratorium menyatakan bahwa komposisi dari heptana lebih dari 30 % mol, yang mengindikasikan jumlah yang sangat besar dari hidrokarbon dalam black oil.

One thought on “BLACK OILS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *