RETROGRADE GASES


Diagram fasa dari retrograde gas lebig kecil dari diagram fasa minyak, dan titik kritis jauh dibawah dan lebih kekiri dari envelope. Perubahan ini terjadi karena kandungan heavy molekul lebih sedikit dibandingkan dengan molekul ringan. Berikut diagram fasa retogade gas :

Seperti terlihat pada gambar awalnya retrograde merupakan fasa gas di reservoir, titik . bersamaa dengan menurunnya tekanan di reservoir, retrograde memberikan titik embun, titik 2 . bersamaan dengan menurunnya tekanan, cairan mengembun dari gas untuk membentuk cairan bebas di reservoir. Fluida ini sebagian tidak mengalir dan tidak dapat diproduksi. Jalur tekanan reservoir pada diagram fasa menunjukan bahwa pada beberapa tekanan yang rendah fluida mulai mengembun. Hal ini terjadi di laboratorium, walaupun demikian , ada kemungkinan hal ini tidak terjadi secara luas di reservoir karena selam produksi keseluruhan komposisi dari fluida reservoir berubah.
Identifikasi di lapangan menyebutkan bahwa retrograde gas memiliki initial producing gas-oil ratio medekati 3300 scf/STB. Batas atas dari nilai tersebut tidak didefinisikan karena hasil observasi pernah menemukan nilai 150000 scf/STB. Nilai ini mengindikasikan diagram fasa yang dimilikiny akan lebih kecil dari diagram fasa pada umumnya. Gas dengan gas-oil rati tinggi menyebabkan cricondetherm-nya mendekati temperature reservoir.
Dalam prakteknya untk memproduksi fluida dengan gas-oil ratio di atas 50000 scf/STB, jumlah dari retrograde cair sangat sedikit , terkadang lebih sering disebut wetgas. Retrograde memilki specific gravity berkisar antara 40-60 API. Warna dari cairannya biasanya coklat, orange, greenish atau water-white.hasil analisis di laboratorium menunjukan bahwa dew point ketika tekanan berkurang pada emperatur reservoir.kondisi ini akan terjadi ketika kandungan dari heptana kurang dari 1%. Fluida yang di hasilkan pada saat produksi retrograde gas disebut dengan kondensat. Harga jual dari kondesat sangat tinggi namun untuk menemukan reservoir retrograde juga sangat sulit.

 

One thought on “RETROGRADE GASES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *