WET GAS


Keseluruhan dari diagram fasa dari campuran hidrokarbon dengan didominasi oleh molekul berukuran kecil akan berada di bawah suhu dari reservoir.
Dalam reservoir wet gas tetap berada dalam bentuk gas meskipun terjadi penurunan dari tekanan reservoir. Garis tekanan yang ditunjukan pada gambar di atas tidak menyentuh phase envelope. Jadi tidak ada liquid yang terbentuk dalam reservoir. Tetapi kondisi separator berada dalam envelope, sehingga menyebabkan adanya liquid yang terbentuk pada keadaan di permukaan. Cairan yang terbentuk di permukaan disebut dengan kondesat, dan gasnya disebut kondesat-gas. Inilah yang menyebabkan kebingungan dalam membedakan antara retrograde dan wet gas. Identifikasi dilapangan wet gas memproduksi stock-tank liquids dengan rentang yang sama dengan cairan hasil dari retrograde gas.tetapi gravity dari wet gas tidak berubah sepanjang umur reservoir.
Wet gas mempunyai producing gas-oil ratio yang sangat tinggi. Nilai dari producing gas-oil ratio cenderung konstan seiring umur dari reservoir tersebut. Untuk wet gas, producing gas0oil ratio berkisar lebih dari 50000 scf/STB.
Diagram Fasa
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *