Planet Bumi ( EARTH)

Selama ratusan ribu tahun, manusia telah belajar untuk bertahan hidup dengan beradaptasi dengan ritme alam dan siklus planet di mana kita hidup yaitu planet bumi, Kebutuhan kita untuak memahami Bumi sebagai sebuah sistem adalah salah satu alasan yang berbeda dilihat dari ruang angkasa begitu berharga dan sangat menarik. Dengan perspektif baru dari planet kita, kita harus mengembangkan pandangan yang mencakup segala cara Bumi bekerja sebagai sistem yang dinamis terus berubah. 
Konsep utama:
1.   Membandingkan bumi dengan planet lainnya secara karakteristik akan memudahkan kita memahami apa yang membuatnya unik.
2.    Atmosfer  merupakan gas tipis yang mengelilingi planet ini. Planet lain memiliki atmosfer, tetapi atmosfer bumi memiliki 78% nitrogen dan 21% oksigen
3.    Hidrosfer adalah salah satu hal yang membuat bumi kita unik. Pergerakan siklus air dari atmosfer ke laut yang tak berujung di atas permukaan laut.
4.    Biosfer ada karena adanya air. Meskipun lapisan ini merupakan lapisan yang kecil dibanding lapisan bumi yang lainnya, disitulah kekuatan geologi yang beroperasi di permukaan tempat kita hidup saat ini.
5.      Benua danlantai samudera adalahsalah satu fitur permukaan skala terbesar bumi.
6.    Semua benua memiliki 3 komponen utama yaitu Perisai kuno,  Platform yang stabil, dan Barisan/deretan gunung.  Itu semua mampu mengungkapkan mobilitas kerak bumi.
7.   Fitur struktural utama daridasar laut adalah, Pegunungan laut, Kerak bumi yang luas, Palung laut, Gunung laut , danTepi benua
 
8.      Bumi merupakan planet yang paling berbeda, berdasarkan komponen lapisan internal yang diklasifikasikan olehkomposisikepadatan (gambar 1),  antara lain, Kerak, Mantel, Inti bumi. Dan  lapisan internal yang besar diklasifikasikan oleh sifat fisik diantaranya litosfer, astenosfer, mesosfer, inti luar,  dan inti bumi.
Berbeda sekali dengan bumi yang dinamis, beberapa planet lainnya tidak aktif dan tidak berubah, misalnya bulan dan merkurius, itu adalah planet dengan ribuan kawah yang merekam kelahiran planet sekitar 4550000000 tahun yang lalu, Ini adalah masa ketika tubuh planet menyapu apa yang tersisa dari puing-puing kosmik yang membentuk Matahari dan planets. 
Tata Surya
Sebuah peta tata surya (Gambar 1.1) menunjukkan Matahari dan planet-planet besar .Ini adalah rumah kosmik bumi, tempat asal dan pengembangan. Semua planet di tata surya diciptakan pada waktu yang sama dan dari bahan umum yang sama. The massive Sun, bintang yang menghasilkan panas oleh fusi nuklir, adalah pusat dari sistem.
Bumi
Bumi adalah planet biru kecil bermandikan film awan putih dan air cair (Gambar 1.3). Dalam pandangan yang luar biasa ini, kita melihat bumi bergerak, beku di saat waktu, tetapi ada lebih banyak aksi yang ditampilkan di sini daripada yang Anda bayangkan. Keberadaan air sebagai cairan di permukaan bumi sepanjang sejarahnya yang panjang juga memungkinkan kehidupan berkembang. Berikut adalah mekanisme: Fotosintesis oleh banyak tanaman menghilangkan sejumlah besar karbon dioksida dari atmosfer. Sebagai bagian dari proses ini, tanaman “menghembuskan” oksigen. Selain itu, banyak bentuk kehidupan laut menghilangkan karbon dioksida dari air laut
Lapisan Terluar Bumi
Lapisan terluar bumi adalah atmosfer, hidrosfer, dan dinamika biosphere. Pemandangan Bumi dari ruang angkasa menunjukkan banyak fitur yang membuat bumi terlihat unik dibanding planet lain, dan mereka memberikan wawasan sejarah planet kita dari proses perubahannya. 
1.      Atmosfer
Atmosfer adalah bagian terluar dari bumi yg berupa gas yang membentuk fraksi kecil yang tidak signifikan dari massa planet (kurang dari 0,01%). atmosfer  sangat penting karena bergerak dengan mudah dan terus berinteraksi dengan  laut dan tanah.
2.      Hidrosfer
Hidrosferadalah masa totalair di permukaan planetkita.Air berjumlah sekitar 71% dari luas permukaan bumi.  Sekitar 98% airini berada dilautanluas. Hanya  2% lah yang berada di sungai, danau, air tanah, dangletser.
 
3.      Biosfer
Biosfer adalah bagian dariBumi dimana kehidupan ada. Sebagai penutup terestrial, biosfer tidak berlanjut dan teratur; dan inilah yang menghubungkan jaringan kehidupan yang ada di dalamnya dengan yg bereaksi dengan atmosfer, hidrosfer, dan litosfer.
Struktur dalam Bumi
  
Bahanpadat Bumi dipisahkan menjadi lapisan sesuai dengankomposisi
 
dan sifat mekanik. Dari luar ke dalam, lapisankomposisi adalah (1) kerak, (2) mantel, dan (3) inti. Lapisan berdasarkan sifat fisik  adalah (1) litosfer, (2) astenosfer, (3) mesosfer, (4) inti luar, dan(5) inti.
Sifat kimia mendefinisikan satu set lapisan, dan perilaku mekanik mendefinisikan satu set yang berbeda. Gambar 1.5 menunjukkan lapisan berdasarkan sifat kimia di sebelah kiri dan yang didasarkan pada sifat mekanik di sebelah kanan. Pemahaman tentang kedua jenis lapisan sangat penting.
Fitur utama dari Benua 
Benua terdiri dari tiga komponen struktural utama: (1) perisai; (2) platform yang stabil; dan (3) dilipat sabuk gunung. Kerak benua kurang padat, tebal, lebih tua, dan lebih cacat daripada kerak samudera.
Fitur utama cekungan laut
Kerak samudera berbeda mencolok dari kerak benua dalam jenis batuan, struktur, bentang alam, usia, dan origin.The fitur utama dari dasar laut adalah (1) punggungan laut, (2) lantai abyssal, (3) gunung laut, (4) parit, dan (5) tepi benua.
Ekosfer – Model planer Bumi
Salah satu cara untuk menyederhanakan sejumlah ini rincian adalah untuk mempertimbangkan model bumi dalam bentuk yang paling sederhana, di mana komponen-energi, batu, udara, air, dan fundamental kehidupan-adalah satu-satunya elemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *