5 Tips Memilih Rumah Berdasarkan Lokasi

Tidak peduli apakah Anda membeli rumah Anda sebagai investasi, atau sebagai hunian atau keduanya, salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat adalah di mana lokasi Anda ingin tinggal. Lokasi rumah Anda akan membantu menentukan tidak hanya nilai masa depan dari investasi Anda, tetapi juga banyak aspek kehidupan sehari-hari Anda. Berikut adalah beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan dengan hati-hati saat memilih lokasi, tidak peduli rumah dijual di Medan, Surabaya, Bandung atau tempat lain yang harus Anda cari dan pilih sesuai kebutuhan Anda.

Pada artikel ini, Kami juga menyertakan beberapa unit rumah dijual pada perumahan di Kota Medan, berjaga-jaga jika Anda kesulitan mencari rumah dijual murah di kota Meda tersebut.

Lokasi geografis

Daerah dari lokasi rumah yang Anda pilih untuk ditinggali, akan memiliki dampak besar pada kehidupan Anda. Terutama ,jika Anda ingin tinggal di rumah untuk waktu yang lama. Buatlah keputusan pemilihan lokasi rumah ini dengan sangat hati-hati. Pertimbangkan faktor-faktor yang paling penting bagi Anda, terutama harga rumah rata-rata di daerah itu, kesempatan kerja di bidang Anda, yang lokasinya dekat dan jarak dengan orang yang Anda cintai. Faktor cuaca dan pemandangan juga dapat Anda pertimbangkan.

 

Memilih Rumah di Kota, Pinggiran Kota atau di Pedesaan?

Lokasi rumah yang Anda pilih, baik di dalam kota atau di luar kota, akan mempengaruhi kedamaian dan ketenangan yang Anda nantinya, Anda harus mempertimbangkan luas halaman, jarak dan fasilitas pendidikan dasar dan menengah untuk anak-anak Anda, kedekatan dengan pusat perbelanjaan, hiburan, layanan medis dan hal lain yang mungkin Anda inginkan atau butuhkan, dan banyak lagi. Jika Anda hidup di Kota, berbagai fasilitas mungkin dapat terjamin. Namun, Anda tidak akan mendapatkan halaman yang luas selayaknya halaman rumah di daerah pedesaan.

Keadaan Lingkungan

Dalam wilayah tertentu, lingkungan yang berbeda akan memiliki karakteristik yang berbeda. Anda pasti ingin memilih salah satu yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kepribadian Anda. Pilihlah tempat di mana Anda akan merasa nyaman dan di mana Anda dapat dengan tenang bercengkerama dengan tetangga Anda. Lingkungan tetangga yang kebetulan dekat dengan rumah saudara atau teman Anda mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan rukun tetangga yang ramah dan sesuai dengan kepribadian Anda

Dekat dengan Lokasi Kantor Tempat Kerja Anda

Panjang perjalanan Anda sehari-hari dapat memberi dampak signifikan pada pendapatan, kualitas hidup dan jumlah waktu yang dapat Anda habiskan di rumah bersama keluarga Anda. Anda harus memperhitungkan berapa lama perjalanan pulang-pergi, dari rumah baru Anda ke kantor? Alat transportasi umum apa saja yang dapat Anda gunakan selain kendaraan pribadi? Apakah Tempat tinggal baru Anda tersebut memiliki akses ke kendaraan umum?

 

Pastikan Daerah Tersebut Memiliki Keamanan yang Ketat

Bagi kebanyakan orang, keamanan adalah pertimbangan utama. Sebuah perumahan di daerah dengan tingkat keamanan yang rawan akan memiliki harga yang lebih rendah. Namun, apakah Anda akan memilih rumah tersebut dan tinggal didalam ketakutan? Tidak nyaman bukan? Oleh karena itu, pilihlah daerah yang tidak rawan terjadi kasus kriminalitas. Selain itu, perumahan tempat Anda membeli rumah, harus memiliki sistem keamanan dan penjagaan yang ketat untuk mencegah adanya kriminalitas.

Lakukat Peninjauan Langsung Atau Lakukan Riset Secara Online

Fakta dan statistik tentang keamanan dan fasilitas sebuah perumahan telah banyak tersedia secara online melalui situs web, forum, dan situs toko online. Data informasi tersebut akan membantu Anda menggambarkan jenis dan keadaan lingkungan tempat Anda tinggal nantinya.

Lalu bertanyalah pada Anda sendiri dan keluatga. Apakah Anda akan merasa nyaman tinggal di daerah tersebut? Biasanya mudah untuk menemukan statistik tentang perumahan secara online melalui situs web real estat. Statistik dan informasi yang tersaji hanya bagian penting saja, jarang informasi detail yang mungkin Anda butuhkan. Anda dapat mencoba coba bicara dengan penduduk didaerah tersebut dan bertanya pada pihak setempat untuk mendapatkan informasi tambahan, untuk Anda dan keluarga Anda pertimbangkan.

Penutup

Demikian artikel tips memilih lokasi tempat tinggal ini. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari rumah dijual di Medan atau lokasi lain di kota besar seluruh Indonesia. Intinya, Anda harus mempertimbangkan berbagai banyak faktor, terutama mengenai keamanan, ketersediaan fasilitas pendidikan, fasilitas transportasi, jarak dengan keluarga atau teman Anda, jarak dengan pusat perbelanjaaan, faktor lingkungan yang baik dan letak di dalam atau di luar kota. Untuk memutuskan hal tersebut Anda dapat melakukan serangkaian penelitian secara online untuk mendapatkan informasi dari toko online yang menjual rumah atau dari survei langsung maupun bertanya pada penduduk dan pihak kepolisian setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *