Cari Tau Informasi Mengenai Sepatu Safety

Sepatu safety ada beragam jenis, diantaranya adalah Electrical Hazard (EH), Steel Toe dan Composite Safety Toe. Sepatu safety jenis EH akan melindungi kaki dari bahaya tersetrum, lalu apakah sepatu safety jenis ini bisa memiliki pelindung jari kaki dari baja atau Steel Toe?

Bahan Pelindung Jari Kaki

Sepatu safety EH dapat dibuat dari pelindung jari dari baja, pelindung jari kaki dari bahan campuran (Composite Safety Toe) atau pelindung jari kaki dari aluminium. Sebenarnya segalajenis bahan pelindung keselamatan jari kaki adalah aman, selama memenuhi standar sepatu dengan pelindung jari kaki. Bahan pelindung jari kaki tidak ada kaitannya dengan sifat EH dari sepatu safety. Ini karena pelindung jari kaki berada di atas sol sepatu yang akan menyekatnya dari lantai. Standar pengujian dan bahan yang menetapkan spesifikasi sepatu dan prosedur pengujian tak mensyaratkan pelindung jari kaki harus terbuat dari bahan tertentu.

Sangat penting untuk dipahami bahwa sepatu safety EH hanya ditujukan untuk penggunaan sebagai pelindung kedua dalam lingkungan dengan bahaya listrik, dimana pegawai dapat terpapar rangkaian listrik terbuka.

Pelindung jari kaki dari baja dapat berbahaya jika orang yang memakai sepatu safety tersebut berdiri pada jari kakinya, sehingga membuat pelindung jari kaki kontak dengan lantai. Jika orang tersebut berlutut, pelindung jari kaki dari baja tersebut dapat menyentuh lantai, tetapi lututnya juga menyentuh lantai. Suatu kecelakaan tersetrum mungkinterjadi melalui kaki ke tanah karena jalur dengan hambatan paling sedikit bagi rangkaian listrik.

Jika peneliti yang sangat pintar merancang uji standar bahan dan spesifikasi bagi sepatu safety EH yakin bahwa ada kemungkinan pelindung jari kaki dari baja pada sepatu safety EH tidak seaman sepatu safety EH Composite Toe, maka tak mungkin sepatu safety tersebut boleh dibuat. Pengujian menunjukkan bahwa sepatu safety EH dengan pelindung jari kaki dari baja, lolos dari standar pengujian bahaya tersetrum sebaik dan seaman sepatu safety EH Composite Toe.

Sepatu safety EH dapat dibuat dari berbagai jenis bahan pelindung jari kaki asalkah sepatu safety tersebut lolos uji benturan dan tekanan keselamatan jari kaki dan uji bahaya tersetrum.

Tanda Sepatu Safety Harus Diganti

Ketika pelindung jari kaki dari sepatu safety memiliki kulit yang terkelupas pada jari kaki, terlepas apakah sepatu tersebut memiliki pelindung jari kaki dari baja, campuran atau pun komposit, maka sepatu safety tersebut harus diganti. Ini seperti ban yang dipakai pada tapak peringatan, tambang atau sabuk yang mengelupas atau kacamata keselamatan yang memiliki goresan pada lensa. Jadi jika ada lubang atau sobek pada kulit bagian luar dari sepatu safety maka sepatu tersebut harus diganti karena keutuhan dari sepatu safety tersebut telah rusak atau berisiko membuat kaki terpapar kondisi lingkungan luar.

Sepatu Safety yang Nyaman dan Aman

Selain mempertimbangkan harga sepatu safety saat akan membeli, sebaiknya pertimbangkan beberapa komponen berikut ini untuk kenyamanan dalam bekerja:

  • Bobot yang ringan dan nyaman pada jari kaki
  • Cepat dan mudah untuk dikenakan dan dilepas
  • Ringkas dan dapat dengan mudah disimpan
  • Digunakan oleh banyak perusahaan besar
  • Memenuhi standar sepatu safety dengan pelindung jari kaki baja

Nah, bila Anda bekerja pada bagian pembelian pelengkapan suatu perusahaan, termasuk pembelian sepatu safety. Maka sebaiknya menyeleksi dengan seksama dan menghubungi langsung produsen atau distributor resmi dari sepatu safety tersebut. Tentu jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak, Anda bisa juga meminta kuotasi dengan harga grosir sehingga dapat menghemat pengeluaran perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *