Modifikasi Motor Mio? Hindari bagian Berikut

Anda bebas modifikasi motor mio anda. sebab itu punya anda, jadi bagian manapun sebenarnya boleh anda modifikasi. Asalkan anda suka dan bisa memodifikasinya. Hanya saja ada beberapa bagian yang sebaiknya tak anda modifikasi. Mengapa? Sebab kendaraan bermotor memiliki ketentuan hukum yang mengatur beberapa bagian tertentu untuk tetap standar alias tidak anda ubah. Jika anda mengubahnya berarti anda melanggar ketentuan hukum. Lalu kemudian jika anda operasi lalu lintas, anda bisa kena tilang karena mambawa motor yang tidak sesuai standar.  

Tujuan motor dibuat sesuai standar adalah agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya karena motor tidak memenuhi kualifikasi jalan. Sebab kalau motor dari pabrik asli, pasti sebelumnya telah mengalami uji coba dulu sebelum di lempar ke pasar. Jadi kalau anda mengubahnya, ubahlah bagian yang tidak melanggar hukum. lalu bagian mana saja yang ada baiknya tidak anda modifikasi?

  1. Bagian depan, terutama kaca spion

Bagian pertama yang tidak boleh kamu modifikasi adalah kaca spion. Kamu boleh saya menggantinya, tapi usahakan jangan menggantinya dengan yang lebih kecil. Mengingat peran kaca spion sangat vital. Jika kamu menggantinya dengan yang lebih kecil ditakutka peran kaca spion tidak akan optimal. Juga meski kamu memodifikasi motor kamu, kaca spion tidak boleh kamu hilangkan. Kalau kamu hilangkan otomatis kamu bakal kena tilang.

  1. bagian Belakang terutama knalpot

Sepertinya kalau modifikasi motor tidak merubah bagian knalpot, mungkin kurang afdhol. Mengingat suara motor akan terdengar sangat cowok banget bila kamu mengganti kanlpot kamu dengan yang lebih hebat. Tapi, kalau kamu mengganti bagian ini dengan yang terlalu nyari, kamu pun bisa kena pelanggaran lalu lintas. Tak percaya, coba buktikan sendiri.

  1. Bagian lampu belakang

Bagian lampu belakang, terutama lampu penanda saat kamu hendak belok sudah dibuat dengan warna kuning. Begitu kamu menggantinya dengan warna yang lain, semisal putih. kamupun bisa kena pelanggaran lalu lintas. Jadi ada baiknya tidak kamu modifikasi.

Selain ketika bagian itu, ada juga beberapa bagian lain yang tidak bisa kamu modifikasi. Jadi setelah modifikasi, pastikan modifikasi motor yang kamu lalukan tak melanggar ketentuan undang-undang lalu lintas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *