Pahami 4 Cara Berikut untuk Bisa Mendapatkan Tiket Kereta Meski Pemesanan Dilakukan Mendadak


Memesan tiket kereta untuk kebutuhan pulang kampung ataupun perjalanan bisnis menjadi pilihan yang sering diambil masyarakat. Perjalanan jarak jauh menjadi terasa dekat karena kereta bisa menempuh perjalanan ratusan kilometer hanya beberapa jam saja. Menariknya harga tiket untuk moda kereta api kini semakin terjangkau yang otomatis semakin menggiurkan untuk dimanfaatkan. Terlebih dengan adanya layanan pemesanan online terdapat berbagai promo yang memangkas harga tiket menjadi semakin murah.

Bisakah Memesan Tiket Secara Mendadak?

Dibukanya layanan pemesanan tiket untuk transportasi kereta api secara online mempermudah siapa saja memperoleh tiket. Bahkan pemesanan bisa dilakukan jauh-jauh hari, sayangnya sistem online membuat Anda rebutan tiket dengan penumpang lain secara kasat mata. Ada saja cara khas yang dilakukan calon penumpang untuk bisa mendapatkan tiket dari kereta yang rute nya sesuai dengan tujuan. Maka, aksi berburu tiket membuat banyak orang kesulitan memperoleh tiket yang dibutuhkan apalagi jika memesan secara mendadak.

Akan tetapi pihak PT KAI sepertinya paham akan meningkatnya peminat dari transportasi kereta api ini, sehingga kerap memberikan gerbong tambahan. Tidak ayal kadang PT KAI juga menyediakan jalur tambahan untuk mengantisipasi calon penumpang yang tidak kebagian tiket. Sehingga meski memesan secara mendadak kesempatan untuk memperoleh tiket masih cukup terbuka lebar. Namun, Anda perlu paham trik dan strateginya seperti apa supaya bisa menikmati perjalanan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Kiat Memesan Tiket untuk Kereta Api yang Mendadak

Merasa sudah berusaha maksimal namun tetap saja memperoleh informasi kalau tiket kereta yang dimaksud sudah ludes. Maka bisa mencoba beberapa kiat alternatif berikut untuk membantu memperoleh tiket semaksimal mungkin:

  1. Memesan lewat aplikasi KAI Access,

Kini PT KAI menyediakan aplikasi untuk pengguna ponsel pintar sebagai jalan pintas memesan tiket kapan saja. Menariknya pemesanan tiket lewat aplikasi ini bisa dilakukan maksimal 10 jam sebelum jadwal kereta berangkat, sehingga bisa dijadikan alternatif.

  1. Membeli tiket di stasiun secara langsung,

Jika memang memerlukan tiket dan mendadak pula, misal memperoleh kabar harus pulang karena orangtua sakit atau ada masalah apapun. Maka sebagai jalan terbaik dan jaminan memperoleh tiket yang dibutuhkan bisa membelinya secara langsung. Anda bisa antri di loket pembelian tiket di stasiun pemberangkatan, yang memang jika membeli secara mendadak kebagian tiket yang mahal. Namun nantinya Anda memperoleh kelas lebih baik dan tentunya lebih nyaman dibanding gerbong ekonomi.

  1. Pemesanan baiknya dilakukan menjelang dini hari,

Waktu pemesanan sangat menentukan seberapa besar kesempatan Anda memperoleh tiket untuk moda transportasi kereta api. Idealnya pemesanan tiket tidak ada hambatan dan persaingan terbilang tidak terlalu ketat jika dilakukan tengah malam atau menjelang dini hari. Supaya tidak kelabakan mencari swalayan untuk membayar harga tiket yang sudah dipesan, maka pastikan sudah memakai layanan mobile ataupun internet banking. Sebab jeda pemesanan dengan batas transfer hanya terpaut 3-4 jam.

  1. Pertimbangkan memakai jadwal atau rute kereta lain,

Apabila kepentingan masih bisa di negosiasikan maka bisa beralih ke jadwal keberangkatan kereta lainnya, misalnya sehari setelah jadwal yang awalnya diinginkan. Namun jika memang tidak bisa ditunda lagi maka bisa mencoba alternatif membeli tiket untuk perjalanan dengan rute berbeda. Sebagai contoh Anda ingin turun di stasiun besar namun tiket kereta habis maka bisa memilih kereta yang turun di stasiun kecil, atau sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *