Inilah 5 Aktivitas Baik Sebelum Tidur Menurut Penelitian

Siapa bilang kalau mau tidur di malam hari ya langsung saja tidur begitu saja tanpa mempersiapkan segala sesuatu. Dalam berbagai berita terbaru, tidur di malam hari itu adalah sebuah berkah yang harus disyukuri dan juga dipersiapkan. Bagi perempuan, bisa saja mengawalinya dengan melakukan perawatan kecantikan terlebih dahulu. Bagi laki-laki yang ingin sukses bisa saja mengawalinya dengan merenungkan apa yang telah di lakukan hari ini dan merencanakan hari esok. Pokoknya harus ada persiapan terlebih dahulu.

Nah, yang perlu kamu tahu, kita cenderung beranggapan kualitas tidur kita dipengaruhi oleh panjang atau pendek durasi selama kita tidur. Sebenarnya hal tersebut tidaklah benar, anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas jika anda melakukan aktivitas tertentu sebelum tidur. Namun kebanyakan dari kita tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. Adapun kelima aktivitas yang baik dilakukan sebelum tidur yang patut anda contoh adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan diri dengan mandi

Sebelum tidur hendaknya anda membersihkan diri dengan mandi. Badan anda menjadi bersih dan suhu badan anda menurun dengan mandi sehingga membantu anda untuk tidur lelap nantinya. Apalagi jika anda mandi menggunakan air hangat, air hangat ini membantu melemaskan otot anda yang kaku dan merilekskan badan. Memang ada yang mengatakan kalau mandi di malam hari itu tidak baik, padahal sebenarnya tidak demikian. Sebab dengan mandi di malam hari, tubuh aka kembali segar dan bersih, siapa untuk tidur dan proses regenerasi akan jauh lebih baik ketimbang tidur dalam keadaan tubuh tidak bersih.

  • Melakukan meditasi

Anda dapat melakukan meditasi sebentar sebelum tidur dengan cara menenangkan pikiran anda. Anda menjauhkan semua permasalahan yang sedang anda hadapi dan berpikir positif bahwa semua pasti dapat teratasi. Hal ini akan membuat anda tertidur dengan lelap hingga pagi hari. Meditasi yang anda lakukan ini tidak harus lama-lama, cukup anda meluangkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit saja.

  • Menulis

Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa dengan menulis kejadian harian dalam sebuah jurnal tertentu dapat membersihkan pikiran kita. Tidak hanya itu menulis juga meningkatkan memori kita karena kita terbiasa mengingat kejadian tertentu di setiap harinya. Menulis juga mampu dijadikan terapi untuk orang yang kesulitan tidur. Lagi pula, kita bisa menungkan berbagai hal yang telah kita lalui seharian dengan menulis.

  • Meminum air putih

Anda dapat meminum segelas air putih sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang lelap. Air putih dipercaya dapat mempercepat proses tidur seseorang. Jika anda mengalami susah tidur, anda dapat mencoba hal ini niscaya anda akan mudah terlelap. Serta hindari anda meminum minuman beralkohol karena alcohol membuat tidur anda menjadi tidak kondusif sehingga ketika bangun nantinya anda akan merasa tidak enak badan dan pusing.

  • Menggosok gigi

Sebelum tidur sebaiknya anda menggosok gigi. Jika anda tidak melakukan hal ini maka plak dan bakteri akan menempel di gigi sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi (gigi berlubang) dan bau mulut, serta jika dibiarkan terus menerus maka anda akan menjadi sakit gigi.  Anda dapat menggabungkan aktivitas menggosok gigi ini dengan mandi. Jadi selain membersihkan badan, anda juga membersihkan gigi atau menggosok gigi agar tubuh dan gigi anda sehat.

Dari 5 kebiasaan baik menjelang tidur yang dihimpun berita terbaru di atas, mana yang telah kamu lakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *