Ini Dia 3 Faktor Yang Menyebabkan Velg Mobil Menjadi Mudah Rusak

Dilansir dari berita otomotif terbaru, velg merupakan salah satu komponen penting yang bersifat primer. Disamping tugasnya sebagai penopang ban dan sebagai pengendali gerakan, velg juga ikut andil dalam mempercantik kondisi fisik mobil. Mengingat posisi velg berada di bagian paling luar dan paling bawah mobil, tak heran jika bagian yang satu ini sangat rawan mengalami kerusakan.

Tentu saja kondisi velg yang rusak, akan membuat pergerakan mobil menjadi tidak nyaman. Bahkan, kerusakan velg juga dapat mengancam keselamatan pengendaranya. Berbicara soal kerusakan velg, ada beberapa faktor yang menyebabkan velg mobil menjadi mudah rusak. Faktor apa sajakah itu? Ini dia 3 faktor yang menyebabkan velg mobil menjadi mudah rusak :

  1. Kerap Melintasi Jalan Yang Rusak

Faktor pertama yang menyebabkan velg mobil menjadi mudah rusak, yakni sering melintasi jalan yang rusak. Ya, jalanan yang rusak tersebut biasa kita temui di daerah-daerah pedalaman, dimana jalan tersebut terdapat bebatuan besar dan lobang-lobang yang cukup dalam. Selain dapat merusak velg, kondisi jalan yang seperti itu juga tak jarang menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, usahakan untuk mengurangi kecepatannya saat melintasi jalanan yang rusak. Dengan mengurangi kecepatan, maka hal ini dapat mengurangi resiko kecelakaan dan kerusakan pada velg.

  1. Tekanan Angin Pada Ban

Faktor kedua yang menyebabkan velg mobil menjadi mudah rusak, yakni tekanan angin pada ban. Dalam hal ini, tekanan angin harus sesuai dengan standar pabrik. Untuk mengetahui tekanan angin pada ban, anda bisa melihatnya di bagian pintu kanan mobil. Tekanan angin yang terlalu keras, tentu akan membuat velg menjadi melengkung. Begitu pun sebaliknya jika tekanan angin terlalu rendah, maka velg akan berbenturan langsung dengan bebatuan. Pada intinya, anda harus mengisi tekanan angin yang sesuai dengan standar pabrik.

  1. Ukuran Ban yang Tidak Sesuai

Faktor terakhir yang menyebabkan velg mobil menjadi mudah rusak, yakni ukuran ban yang tidak sesuai. Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang hendak mengganti velg baru, dimana mereka tidak menyesuaikan ukuran ban dengan velgnya. Ukuran ban yang tidak sesuai tidak hanya dapat merusk velg saja, namun dapat membuat jalannya mobil menjadi tidak nyaman.

Itulah 3 faktor penyebab velg mobil menjadi mudah rusak. Nah, bagi anda yang peduli akan kondisi velg mobil, hindarilan ketiga faktor diatas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *