Terjangkaukah Kuliah Di Sumatera?

Sampai dengan saat ini, Sumatera yang memiliki luas wilayah begitu luas dengan jumlah penduduk yang terus berkembang, terhitung hanya memiliki PTN, Universitas Sumatera Utara. Padahal keberadaan PTN sangat penting untuk para anak muda melanjutkan pendidikanya. Itulah mengapa, banyak anak Sumatera yang melanjutkan pendidikan ke luar sumatera, khususnya di Jawa. Sebab bila dihitung, biaya kuliah di Jawa ternyata jauh lebih terjangkau. Terlebih, di Jawa mereka juga bisa mendapatkan pengalaman dari merantau.

Melanjutkan pendidikan setelah lulus jenjang SMA memang masih menjadi impian banyak anak muda di tanah air. Sebab memang tidak semua anak memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, mengingat jumlah biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Sementara untuk memenuhi kebutuhan setiap hari keluarga saja masih sangat terbatas. Maka tak salah bila banyak yang mengorbankan impian ke perguruan tinggi demi membantu perekonomian keluarga dan memutuskan untuk kerja saja.

Program Pemerataan Pendidikan

Padahal pemerintah telah mengeluarkan sejumlah program demi mewujudkan kewajiban negara dalam melakukan pemerataan pendidikan. Mulai dari penyediaan beasiswa full study berserta living kost (uang bulanan), pemberian bantuan pada yang beprestasi, dan lainya. tak ketinggalan pula, program uang kuliah tunggal yang membebankan biaya kuliah sesuai dengan kemampuan keluarga. Tujuanya, memberikan subsidi silang, yang kaya memberikan bantuan pada yang miskin dengan beban biaya yang lebih tinggi ketimbang yang miskin.

Sayangnya, program tersebut hanya ada di PTN atau Perguruan Tinggi Negeri saja. Sementara untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), sampai dengan berita terbaru dimuat, masih banyak yang menggunakan sistem SKS. Dimana rata-tara per-SKS, membutuhkan biaya sekitar 110 ribu. Jadi untuk untuk 22 SKS membutuhkan biaya 4 jutaan. Sehingga setiap semester, tiap mahasiswa butuh biaya hampir lima juta. Itu adalah biaya minim untuk kuliah di Perguruan Tinggi dengan status Universitas, biaya bisa lebih murah jika kuliah di Sekolah Tinggi atau Akademi.

Untuk itu, mari kita tunggu saja. apakah pemerintah akan meningkatkan program-program pendidikan untuk pemerataan. Atau hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *