Seperti Inilah Cara Membuat NPWP Pribadi Via Online

Cara Membuat NPWP Online Mudah dan Lengkap

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kata NPWP. Ya, NPWP itu sendiri merupakan singkatan dari kata Nomor Pokok Wajib Pajak, yang diberlakukan bagi setiap warga negara Indonesia yang sudah memiliki penghasilan yang berkaitan dengan hak dan kewajibannya. Salah satunya adalah dengan membayar pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku.

Pada umumnya, cara membuat NPWP pribadi itu bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Ada pun mengenai beberapa persyaratan yang harus ada seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi paspor bagi WNA (Warga negara Asing), KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas), atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) yang berlaku bagi warga negara asing. Lantas, bagaimana cara membuat NPWP pribadi secara online? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang cara membuat NPWP online, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Langkah yang pertama, silahkan buka situs https://ereg.pajak.go.id, kemudian pilih daftar.
  2. Jika sudah selesai melakukan registrasinya, anda akan mendapatkan email lalu klik link yang sudah tersedia pada email tersebut.
  3. Selanjutnya isi data pendaftaran akun anda, kemudian kembali cek email-nya dan klik lagi link yang disediakan untuk melanjutkan aktivasi.
  4. Setelah mendapatkan akunnya, silahkan log in terlebih dahulu untuk pengisian data dan formulir NPWP online. Berikut tahap-tahap yang harus anda ketahui :

* Kategori Wajib Pajak

Isilah sesuai dengan kategorinya yang sesuai dengan ada yang dikolom tersebut.

* Identitas Wajib Pajak

Jika pengisian kategori wajib pajaknya sudah selesai, maka anda harus mengisi identitas wajib pajaknya yang sesuai dengan kolom tersebut.

* Penghasilan Wajib Pajak

Tahap yang berikutnya, yakni anda akan diberikan 4 menu pilihan jenis pekerjaan yang diantaranya adalah hubungan kerja (PNS, BUMN, pegawai, karyawan swasta, dan sebagainya), wiraswasta, pekerjaan bebas, dan freelance.

* Alamat Tempat Tinggal Wajib Pajak

Anda harus mengisi alamat yang sesuai dengan di KTP pada kolom yang sudah tersedia.

* Alamat Domisili (KTP) Wajib Pajak

Poin yang ini juga sama halnya dengan poin yang diatas tadi.

* Alamat Usaha Wajib Pajak

Untuk poin yang satu ini, anda bisa melewatkannya jika tidak memiliki usaha yang wajib untuk didaftarkan.

* Meminta Token

Jika semuanya sudah selesai, silahkan klik “Finish” pada menu NPWP online, lalu klik tombol :minta token” dan selesai sudah.

Itulah cara membuat NPWP via online yang harus anda ketahui. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *