Menjadikan Ponsel Anak Lebih Edukatif

Menjadi seorang ibu yang tidak hanya mengurus anak dan suami tapi harus mengurus pekerjaan bukanlah sebuah hal yang gampang. Mungkin bagi sebagian orang menyalahkan pilihanku mengapa aku mau menjadi wanita karir, mengapa aku tetap bekerja padahal di rumah ada anak yang membutuhkan. Alasan aku cuma satu, aku bekerja untuk membantu suami agar pendidikan anakku terjamin dan dapat menfasilitasi pendidikan sebaik mungkin.

Memang bagiku pendidikan adalah segalanya. Apapun aku lakukan demi pendidikan anak-anakku. Tapi memang zaman berkata lain, ketika aku sibuk mencarikan pendidikan terbaik dan sebagainya, anakku malah tetap

Susah untuk meninggalkan game dan handphonenya. Setiap saat ketika buka ponselnya pasti yang dibuka adalah gamenya. Awalnya aku cuek, aku menganggap apa yang dilakukan oleh anakku ini wajar, tapi ketika terlalu sering seperti ini semuanya menjadi tidak wajar dan kurang sehat.

Akhirnya aku sambil berfikir apa yang bisa membuat Handphone anakku menjadi lebih berguna untuk dia dan bisa membuatnya senang. Ide pertamaku adalah bagaimana jika aku mencari aplikasi edukatif yang cocok dengan kebutuhan anakku. Lalu aku disarankan oleh temanku untuk mengunduh aplikasi yang bernama Ruangguru.

Apa itu Ruangguru? Ruangguru adalah sebuah platform bimbel online yang mempunyai banyak produk di dalamnya. Aku sangat tertarik dengan ini. Dari kata “bimbel online” nya saja sudah bisa dikatakan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi edukatif.

Setelah aku mencari tahu tentang aplikasi edukatif ini dan menelaah manfaat apa saja yang dapat diambil oleh anakku dan apa saja yang anakku bisa lakukan disana. Ternyata banyak sekali, di antaranya:

  1. Materi sangat menarik, bagaimana tidak menarik jika materi disajikan dalam bentuk video animasi yang didalamnya terdapat misalnya tutor sedang menjelaskan materi tersebut. Tutor juga berasal dari orang yang berpengalaman dan sesuai di bidangnya. Selain itu hal yang menarik lagi adalah video hanya berdurasi 10-15 menit yang membuat anakku tidak cepat bosan. Jadi yang biasanya anakku hanya menonton video youtube yang kurang manfaat, kali ini video yang dia tonton lebih bermanfaat.
  2. Soal dan penjelasan yang rinci, apalah guna materi yang menarik tapi jika tidak ada soal yang bisa digunakan untuk berlatih, tapi tenang Ruangguru menyediakan bank soal yang sangat beragam dan up to date, soal-soal ini dapat dikerjakan oleh anakku untuk mengukur kemampuannya dan bukan hanya itu jika anakku sudah selesai mengerjakan dan ada beberapa soal yang kurang dipahami, maka Ruangguru memiliki penjelasan atas soal tersebut yang sangat membantu dan mudah dipahami.

Setelah sebulan aku berlangganan Ruangguru, aku bisa melihat jika kegiatan anakku lebih kekontrol dan apa yang dia lihat dan mainkan di handphonenya bukan hanya game atau social media melainkan ada aplikasi edukatif yang sangat membantu dan menunjang pendidikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *